Penyediaan Tanah dalam Mendukung Ketahanan Pangan

Latar Belakang

Pangan adalah urusan hidup atau mati suatu bangsa, oleh karenanya pemenuhan hak rakyat atas pangan merupakan pilar utama untuk menegakkan hak azasi manusia  (HAM) yang paling mendasar. Karena pangan merupakan kebutuhan dasar manusia (basic entilement). Pangan merupakan komoditas ekonomi, maka pembangunan ketahanan pangan, dikaitkan dengan peluang pasar dan peningkatan kesejahteraan petani.

Ketahanan pangan nasional dapat diwujudkan apabila kebutuhan pangan bagi setiap rumah tangga dapat terpenuhi secara cukup baik jumlah dan mutunya, aman, merata dan terjangkau. (UU No. 7/1996 tentang Pangan). Ketahanan pangan nasional hanya dapat diwujudkan jika dan hanya jika ketersedian lahan pertanian pangan dapat dijamin secara berkelanjutan. Untuk tersedianya lahan pertanian secara berkelanjutan bagi penyediaan pangan nasional, harus dilakukan upaya pengendalian alih fungsi lahan pertanian secara effektif disertai upaya perluasan lahan (ekstensifikasi) dengan memanfaatkan lahan potensial yang tersedia serta menjaga dan memelihara kualitas lahan pertanian yang ada sepanjang waktu.

Unsur Ketahanan Pangan

  1. Aspek penyediaan, Perlunya penyediaan pangan yang cukup sepanjang waktu.
  2. Aspek distribusi, ketersediaan pangan secara merata (keterjangkauan akses)
  3. Aspek konsumsi, berkaitan dengan keberagaman budaya pangan (polipaghus)
  4. Aspek kuantitas dan kualitas pangan, Penggunaan SDM berkualitas

Permasalahan terkait sumber daya lahan

  • Degradasi lahan
  • Konversi dan fragmentasi lahan pertanian
  • Penciutan lahan produktif
  • Tanah terlantar

Penutup

Optimalisasi pemanfaatan tanah melalui landreform, pemanfaatan tanah terlantar dalam rangka penyediaan tanah dan reorientasi ruang kawasan merupakan alternatif strategis dalam mendukung pembangunan pertanian berbasis pedesaan untuk mencapai ketahanan pangan.

Pemenuhan hak rakyat atas pangan merupakan pilar utama dari hak azasi manusia, pangan merupakan urusan hidup atau mati suatu bangsa. Oleh karenanya terwujudnya ketahanan pangan nasional menjadi syarat keharusan bagi kelangsungan hidup suatu bangsa

Ketahanan pangan nasional dapat dicapai apabila ketersediaan lahan pertanian dapat terjamin secara berkelanjutan. Syarat tersebut belum cukup, dilain pihak masih diperlukan upaya lanjutan berupa pengelolaan lahan yang tepat agar lahan tersedia dapat ditingkatkan dan dipelihara kualitasnya guna menunjang fungsi lahan sebagai salah satu faktor produksi (pangan).

Iklan
Perihal

omtanah.com adalah situs pribadi yang berisikan informasi untuk media pembelajaran dan memberikan gambaran umum terhadap permasalahan pertanahan yang sering dihadapi. Lihat tulisan selengkapnya Daftar Isi.

Ditulis dalam Kajian Pertanahan

Terimakasih atas komentarnya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: