Persyaratan dan Tahapan Membuat Sertipikat Tanah

Dalam Pengurusan/pembuatan sertipikat tanah, ada beberapa tahapan yang dilakukan dan harus kita ketahui. Namun, pada prinsipnya pembuatan sertifikat tanah terdiri dari lima (5) tahap :

TAHAP 1

Pengurusan kelengkapan dokumen untuk pendaftaran seperti : – Foto copy KTP & Kartu Keluarga – Akta Jual Beli – Foto copy girik yang dipegang – Dokumen tambahan dari kelurahan Jadi pertama saya sarankan pemilik tanah melakukan konsultasi dengan BPN dulu (karena BPN yang membuat sertipikat bukan kelurahan), bawa dokumen-dokumennya dan tanyakan kelengkapan dokumen, atau apa saja yang kurang. Untuk itu anda akan diminta menyiapkan persyaratan pendaftaran bidang tanah seperti berikut ini :

  1. Mengisi formulir (blanko) di Kantor Pertanahan tempat bidang tanah berada (BPN)
  2. Photo copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atas nama Pemilik Tanah dan Kuasa (Bawa KTP Asli untuk ditunjukan di Loket Pendaftaran BPN)
  3. Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (SPT PBB)
  4. Photo copy Kartu Keluarga
  5. Materai Tempel, Rp.6000,- [ 7 buah]
  6. Asli dan Copy Surat Kepemilikan Tanah (Lihat Tulisan Berikut untuk surat tanah yang dapat dijadikan Sertipikat => Jenis Jenis Surat Kepemilikan Tanah)
  7. Asli surat kuasa dari pemilik tanah (jika pengurusan Sertipikat Tanah dikuasakan Ke orang lain).

Sedangkan, untuk bidang tanah yang telah sertipikat lihat tulisan berikut ini untuk mengetahui syarat syarat yang dibutuhkan dalam proses balik nama sertipikat : Persyaratan Balik Nama Proses Jual Beli Sertipikat Tanah

TAHAP 2

Melengkapi dokumen kepemilikan sebidang tanah yaitu Surat Tanah dari kelurahan dan Kecamatan, kelengkapan atas surat-surat ini diindikasikan dengan terlihatnya urutkan kepemilikan tanah dari awal perolehan pertama sampai atas nama saudara. Pada tahapan ini beberapa poin yang harus anda perhatikan adalah :

  1. Surat Keterangan Tanah Tidak dalam Sengketa
    Pemohon Sertipikat memastikan bahwa tanah yang dimiliki bukan merupakan tanah sengketa. karena untukmembuktikan bahwa anda adalah pemilik yang sah dan tanah tersebut tidak diklaim oleh orang lain.
  1. Riwayat Tanah
    Berikutnya, Anda perlu memperhatikan Riwayat bidang tanah anda, riwayat tanah ini bias dilihat dari surat surat tanah yang lengka ataupun dibeberapa daerah ada yang dibuat dengan surat keterangan yang berfungsi untuk menerangkan secara tertulis riwayat penguasaan tanah, biasanya, surat ini akan menceritakan awal mula pencatatan di kelurahan sampai dengan penguasaan sekarang ini. Termasuk pula di dalamnya proses peralihan berupa peralihan sebagian atau keseluruhan bidang tanah
  1. Surat Keterangan Penguasaan / PeralihanTanah 
    Surat Keterangan Penguasaan Tanah ini mencantumkan tanggal perolehan dan identitas pemilik tanah beserta perkiraan luasan tanah yang dimiliki.

TAHAP 3

Pendaftaran ke BPN dengan membuat janji untuk waktu pengukuran tanah oleh petugas ukur, nantinya pada saat pengukuran harus dihadiri oleh yang punya tanah dan tetangganya, ouput dalam tahap ini adalah Surat Ukur atau Gambar Ukur.

TAHAP 4

Setelah berkas dinyatakan lengkap, maka permohonan sudah dapat diproses untuk pembuatan sertipikat oleh BPN. Disini ada waktu tenggang untuk penyelesaiannya, juga nantinya akan ada pemeriksaan tanah yang kedua dan harus turun ke lapangan, pemeriksaan ini dimaksudkan apakah tanah sudah sesuai dengan peruntukannya (RTRW).

TAHAP 5

Finishing pembuatan sertipikat oleh BPN. Disini ada waktu tenggang untuk proses penyelesaian sertipikat seperti kegiatan pengumuman, pembuatan SK Hak Atas Tanah, Penjahitan Sertipikat dan pekerjaan lainnya, Terkait prosedur pembuatan sertipikat. tersebut kegiatan yang dilakukan di BPN adalah sebagai berikut :

  1. Pengesahan Surat Ukur.
    Hasil pengukuran bidang tanah yang dilakukan petugas ukur akan dicetak dan dipetakan di BPN dan Surat Ukur disahkan atau tandatangani oleh pejabat yang berwenang, pada umumnya adalah kepala seksi pengukuran dan pemetaan.
  2. Penelitian oleh Petugas Panitia A
    Setelah Surat Ukur ditandatangani dilanjutkan dengan proses Panitia A. Anggota Panitia A terdiri dari petugas dari BPN dan lurah setempat akan kembali mendatangi tanah yang telah diukur untuk memastikan penggunaan tanah tersebut.
  3. Pengumuman Data Yuridis di Kelurahan dan BPN.
    Data yuridis permohonan hak tanah tersebut diumumkan di kantor kelurahan dan Kantor BPN dengan waktu pengumuman selama (60) enam puluh hari. Waktu pengumuman dua bulan ini dimaksudkan untuk memenuhi pasal 26 PP No. 24 Tahun 1997. dan memastikan bahwa permohonan hak tanah yang diproses tidak ada keberatan/sanggahan dari pihak lain.
  4. Terbitnya SK Hak Atas Tanah.
    Setelah jangka waktu pengumuman terpenuhi, dilanjutkan dengan penerbitan SK hak atas tanah yang ditanda tangani oleh Kepala Kantor. Namun untuk tanah dengan dasar girik dapat langsung terbit Hak-nya berupa Sertipikat Hak Milik (SHM).
  5. Pendaftaran SK Hak untuk diterbitkan sertipikat.
    Dengan telah terbitnya SK Hak maka akan dilanjutkan prosesnya dengan Pendaftaran SK Hak, jadi ketika SK telah terbit terdapat jangka waktu selama 30 (tigapuluh) hari untuk didaftarkan SK-nya, jika tidak didaftarkan SK tersebut akan Habis masanya dan harus diperpanjang.
  6. Pengambilan Sertipikat.
    Pengambilan sertipikat yang telah selesai dilakukan di loket pertanahan, dengan menandatanagani Berita Acara Serah Terima.

Mudah – mudahan info ini dapat berguna bagi teman yang ingin membuat sertipikat hak atas tanah di Kantor Pertanahan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang / BPN, untuk yang sudah memiliki sertipikat tanah dan tanah tersebut hendak dijual perhatikan langkah-langkah, biaya dan dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk balik nama sertipikat berikut ini :

Biaya Pembuatan Akta Jual Beli Sertipikat Tanah

Iklan
Perihal

omtanah.com adalah situs pribadi yang berisikan informasi untuk media pembelajaran dan memberikan gambaran umum terhadap permasalahan pertanahan yang sering dihadapi. Lihat tulisan selengkapnya Daftar Isi.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Berita Pertanahan, Tips Pertanahan

Terimakasih atas komentarnya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori Tulisan
%d blogger menyukai ini: