Ajudikasi Dalam Pendaftaran Tanah

Salah Satu Prioritas Pembangunan pada saat pemerintahan Jokowi adalah pensertipikatan seluruh bidang tanah, oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang / BPN program prioritas ini diterjemahkan dalam sebuah kegiatan bernama PTSL = Pendaftaran Tanah Sistemastis Lengkap.

Program PTSL ini bersifat unik karena dilakukan secara serentak yang meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftar dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat, ini juga termasuk pemetaan seluruh obyek pendaftaran tanah yang sudah terdaftar yang bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan informasi yang lengkap mengenai bidang-bidang tanahnya. Untuk proses percepatan pelaksanaan PTSL dikenal istilah Ajudikasi.

Ajudikasi adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk pendaftaran tanah yang pertama kali, meliputi pengumpulan dan penetapan kebenaran data fsik dan yuridis mengenai satu atau beberapa objek pendaftaran tanah untuk keperluan pendaftarannya; Ajukasi dilakukan terhadap objek pendaftaran tanah yang belum didaftar berdasarkan PP No. 10 Tahun 1961 atau PP No. 24 Tahun 1997 (pasal 1, no. 8, dan 9); Ajudikasi dibedakan menjadi pendaftaran tanah secara sistematik dan pendaftaran tanah secara sporadis.

Panitia Ajudikasi (orang-orang yang melaksanakan Ajudikasi) tidak hanya ditujukan dalam pelaksanaan PTSL saja namun panitia ini diarahkan untuk mempercepat penyelesaian proyek pendaftaran tanah yang dilakukan pemerintah, salah satu contoh nyata adalah Tim Ajudikasi dalam Pendaftaran Tanah Pasca Tsunami di Provinsi Nanggroe Aceh Darullsalam.

Penyelesaian pendaftaran tanah yang harus dikerjakan oleh Panitia Ajudikasi di era Presiden Jokowi cukup besar, untuk itu Panitia Ajudikasi dapat bekerjasama dengan Pihak Ketiga, Untuk mengetahui peranan Pihak Ketiga tersebut lihat Tulisan Berikut ini :

Pihak Ketiga Yang Membantu Panitia Ajudikasi

Pelaksanaan ajudikasi ini di setiap unit kerja tertuang dalam sebuah surat keputusan yang memuat tugas dan wewenang orang / panitia Ajudikasi. Adapun Tugas dan wewenang Panitia Ajudikasi, adalah :

  1. Menyiapkan rencana kerja ajudikasi secara terperinci;
  2. Mengumpulkan data fisik dan dokumen asli data yuridis semua bidang tanah yang ada di wilayah yang bersangkutan serta memberikan tanda penerimaan dokumen kepada pemegang hak atau kuasanya; 
  3. Menyelidiki riwayat tanah dan menilai kebenaran alat bukti pemilikan atau penguasaan tanah; 
  4. Mengumumkan data fisik dan data yuridis yang sudah dikumpulkan; e. membantu menyelesaikan ketidaksepakatan atau sengketa antara pihak-pihak yang bersangkutan mengenai data yang diumumkan;
  5. Mengesahkan hasil pengumuman sebagaimana dimaksud pada huruf d yang akan digunakan sebagai dasar pembukuan hak atau pengusulan pemberian hak;
  6. Menerima uang pembayaran, mengumpulkan dan memelihara setiap kwitansi bukti pembayaran dan penerimaan uang yang dibayarkan oleh mereka yang berkepentingan sesuai ketentuan yang berlaku;
  7. Menyampaikan laporan secara periodik dan menyerahkan hasil kegiatan Panitia Ajudikasi kepada Kepala Kantor Pertanahan;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan secara khusus kepadanya, yang berhubungan dengan pendaftaran tanah secara sistematik di lokasi yang bersangkutan.

Dengan adanya Tim Ajudikasi ini diharapkan pelaksanaan PTSL dapat segera tercapai dan target seluruh bidang tanah terpetakan dan jika bisa tersetipikatkan dapat segera terwujud sesuai target.

Iklan
Perihal

omtanah.com adalah situs pribadi yang berisikan informasi untuk media pembelajaran dan memberikan gambaran umum terhadap permasalahan pertanahan yang sering dihadapi. Lihat tulisan selengkapnya Daftar Isi.

Tagged with: ,
Ditulis dalam Istilah Pertanahan
2 comments on “Ajudikasi Dalam Pendaftaran Tanah
  1. retno berkata:

    ah nichenya unik, bisa tanya-tanya disini nih kalau masalah tanah, nice sharing…

Terimakasih atas komentarnya.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori Tulisan
%d blogger menyukai ini: